Pages

Kamis, 24 Februari 2011

pendiri situs yahoo..!!!





bagi anda yg sering menggunakan internet, yahoo! tentu bukanlah istilah yg asing, bukan? akan tetapi, anda mungkin belum familiar dgn nama kedua tokoh ini yg telah berhasil merintis dan membangun yahoo! hingga menjadi perusahaan raksasaberbasis internet. siapa mereka?
    kedua tokoh itu adalah jerry yang dan david filo. kedua tokoh inilah pendiri yahoo!. saat ini di dunia internet,yahoo! adalah merek nomor satu dgn jumlah pengunjung terbanyak dari seluruh dunia.
    jerry yang lahir tahun 1968 di taipe,taiwan. nama aslinya yang chih yua. saat keluarga nya pindah ke amerika, ia berganti nama menjadi jerry yang. sementara itu, david terlahir di moss bluff,lousiana,as. ia menamatkan pendidikan menengahnya di sam houston high school. filo yg tidak di ketehui tahun ia lahirnya menyandang gelar sarjana dari jurusan teknik komputer tulane university. ia lalu melanjutkan studinya ke stanfod universty. di universitas inilah ia bertemu dgn jerry yang. keduanya memilikikegemaran yg sama,yaitu surfing di internet.keduanya sering menghabiskan waktunya didepan komputer.


     yahoo! ternyata bermula dari sebuah ide dan hobi iseng mereka berdua.kala itu, yang dan filo masih menjadi mahasiswa s2 jurusan teknik elktro di stanford university. di sela-sela meyusun disertasi, yang dan filo mengisi waktu dgn membuat daftar nama dan alamat situsyg ditemukan di internet.
     lamakelaman, daftar yg mereka simpan semakin banyak dan panjang. akhirnya, demi kepraktisan,mereka membaginya menjadi beberapa katagori dan subkatagiri. disinilah konse yahoo! kemudian lahir. situs web pertama mereka di beri nama jerry's guide to the world wide web. taklama kemudian, merekamenggantinya dgn yahoo! yg merupakan singkatan dari yet another hierarchical officious oracle.
     lewat promosi dari mulut ke mulut , yahoo! mulai kebanjiran pengunjung. banyakpermintaan komunitas internet yg terlibat. banyak pengguna web yg menginginkan suatu daftar situs-situs yg berguna dan layak di akses. hinggapada tahun 1994, untuk pertama kalinya yahoo! merayakan jutaan klik perharinya. oleh karena itu, dgn berdasarkan tingkat lalu lintas dan antusias penerima terhadap yahoo!, yang dan filo akhirnya menyadari potensi bisnis yahoo! yg cukup kuat.
      pada musim semi 1995, mereka bardua mendirikan perusahan setelah mendapat suntikan dana dari pemilik lembaga modal ventura silicon valley. mereka juga menjalin kerja sama dgn sequioa capital, sebuah perusahan yg mempunyai reputasi lm bidang investasi. pada bulan april 1995, sequioa capital menyetujui utk mendanai yahoo! dgn investasi awal mendekati 2 juta dollar AS.
      realisasi perusahan baru mereka mempunyai pertumbuhan potensial yg cepat. karena itu, yang dan filo pun mengambil langkah utk membangun sebuah tim menajemen yg handal dgn merekrut para piawai di bidang IT. yahoo! di luncurkan dlm go public dgn sangat sukses pada bulan april 1996, dgn jumlah total 49 karyawan.
      kini, yahoo! telah menjadi industri media raksasa. setiap bulannya ada 232 juta pengguna internet di seluruh dunia yg mengunakan jasa pelayanan yahoo!, mulai dari mesin pencari,portal,e-mail gratis,bisnis on line, samapi pembuatan dan penyewaan tempat situs. jaringan yahoo! yg berkan tor pusat di Sunnyvale, California, AS, sudah berdiri di 25 lokasi yg tersebar di dunia Eropa, Asia, Amerika latin, Australia, Kanada, dan tentu saja di Amerika serikat.

sumber by : muhammad ilham   ix5





0 komentar:

Posting Komentar