Pages

Jumat, 25 Februari 2011

PENCIPTA MESIN PENCARI GOOGLE

       

       Bagi anda yg suka berselancar di internet, tentu sudah akrab dgn istilah "google", bahkan mungkin anda telah merasakan asiknya mengunakan Google sebagai mesin pencari yg paling hebat. anda ingin mencari foto artis idola? atau gambar kartun kesayangan? klik saja images, ketik namanya di kolom yg telah di sediakan, kemudian klik search. hanya dlm hitungan detik, akan muncul deretan foto artis atau gambar kartun yg anda cari.tnggal di pilih yg mana yg anda suka utk di-download.
       selain gambar atau foto, lewat mesin pencari Google, anda juga bisa mencari data, tulisan,video,lagu,dan alamat situs. mesin ini juga bisa di gunakan sebagai kulkalatir,buku telpon ( hanya di Amerika Serikat ),kamus,peta,bahkan informasi harga saham.salah satu fitur terbaru Google adalah google earth. fitur ini menyajikan foto seluruh wilayah di dunia yg di ambil dari setelit.semua wilayah tersedia semua gambarnya, termasuk kota-kota kecil termasuk kabupaten seperti Pati, Pemelang, Banjarnegara, atau Klaten.
       Nah, tentu kamu penasaran, siapa org yg telah berjasa menciptakan mesin yg hamat hebat itu? penciptanya adalah sepasang sahabat Lawrence ( Larry ) page dan Sergey Brin. Laeey lahir di Lansing, Michigan, Amerika Serikat pada 26 Maret 1973. ketika berusia delapan tahun, orgnya bercerai. sementara Brin di lahirkan di Moskwa, Rusia, pada 21 Agustus 1973. saat beusia enam tahun, keluarganya mengungsi kerena perang. jadi, semasa kecil keduanya hidup menderita.

       Namun, keduanya sama - sama berasal dari latar belakang keluarga intalek. ayah Larry, Carl victor page adalah seorang doktor pertama AS dari Universtity of Michigan dan profesor komputer di Michigan State University. ibu Larry, Gloria page adalah pengajar program komputer. sementara itu, ayah Brin, Michael Brin adalah doktor matematika lulusan Universitas Moskwa, Rusia. kakeknya juga doktor matematika. ibu Brin Genia adalah seorang periset di Badan Luar Angkasa Amerika Serikat ( NASA ).
       Larry page dan Sergey Brin bartemu ketika sama - sama belajar teknik di Stanford University, Amerika Serikat, pada tahun 1995.keduanya menjalin persahabatan, lalu mendirikan sergeyandlarry sebuah proyek yg kemudian melahirkan Google. keduanya memulai usahannya dari sebuah kamar kontrakan di Menlo Park, California, milik Susan Wojcicki. dgn sewa US$1.700 perbulan, kemudian keduanya mulai mewujudkan gagasan di kepala mereka, Google. keduanya mulai membangun Google sejak tahun 1997.
       Google sendiri berasal dari kata 'googol', yaitu sebutan untuk angka 1 diikuti 100 nol. didunia ini tidak di temukan satu pun googol, apakah itu bintang, partikel, atau atom. Namun, Brin salah ketik ketika menulis 'Googol' menjadi 'Google'. karena terlanjur, akhirnya di gunakan sampai sekarang. kata Google sendiri yg berasal dari kata 'Googol', di gunakan untuk merefleksikan misi perusahan dalam mengorganisasikan jumlah informasi yg bisa mereka sadiakan di web.
       Google kemudian menjadi terkenal. dalam kurun waktu lima tahun, Google telah mampu menjadi mesin pencari yg paling dominan. saat itu sebenarnya ada mesin pencari yg lain, seperti Yahoo, askjeeves, American Online, dan Earth Link. Namun, semuanya tertinggal jauh dgn kemajuan Google. Google mencari lebih cepat dan akurat sehingga lebih banya yg menggunakan Google untuk mencari data di internet.
       Saat ini Google mampu melayani 200 juta pencari per hari, dan lebih dari 2.300 pencari tiap detiknya, yg di tampilkan dalam 88 bahasa. Google mengindeksi 3,1 miliar halaman web dgn di dukung oleh 10.000 super komputer. "Secara keseluruhan, Google mampu menyuguhkan 75 persen dari total pencarian,"kata Danny Sullivan, editor untuk newsletter online, search Engine Watch, seperti di berikan USA Today, selasa ( 16 Agustus 2003 ). "kecanggihan Google samapai membuat org berfikir bahwa jika suatu subjek tidak di temukan di Google, maka subjek tersebut pasti tidak ada," tambahnya.
       Kesuksesan itu telah mengantar Larry dan Brin pada kekayaan materi yg melimpah. keduanya menduduki posisi kelima orang terkaya di AS versi majalah forbes ( 2007 ). pada tahun 2008, banya analis yg memperkirakan pendapat Google berkisar anatara US$800 juta. pendapatan tersebut di dapat melalui iklan dan biaya lisensi, dan dari banyak website yg membayar utk memungkinkan user memudahkan dominan mereka melalui Google.
       Meski telah sukses, Larry danBrin tetap bersahaja. mereka tetap bekerja saperti biasa dan jauh dari kesan eksentrik. sebuah sikap yg pantas di tiru.











Sumber by : Muhammad ilham     ix5


0 komentar:

Posting Komentar