Pages

Selasa, 22 Februari 2011

Messi Mantapkan Barca di Puncak



Barcelona - Lionel Messi tampil ciamik di partai ke-250nya bersama Barcelona saat melawan Athletic Bilbao. Satu golnya memastikan kemenangan 2-1 Azulgrana sekaligus mengamankan posisi puncak dari kejaran Real Madrid.

Dalam laga yang dihelat di Camp Nou, Senin (21/2/2011) dinihari WIB, David Villa mencetak gol pembuka Barca sebelum penalti Fernando Llorente menyamakan kedudukan. Messi mencetak gol ke-25 yang memberikan tiga poin bagi Barca.

Hasil ini membawa juara bertahan kokoh di posisi pertama dengan 65 poin, selisih lima dengan Madrid di posisi kedua dengan La Liga musim ini menyisakan 14 pekan lagi. Sementara Bilbao masih tertahan di posisi kelima dengan 38 poin.
Jalannya pertandingan

Laga baru berjalan empat menit Barca sudah mampu membuka skor. Diawali umpan lambung Xavi Hernandez ke tiang jauh yang disambut Dani Alves usai lolos dari jebakan  offside. Dengan sekali sentuh Alves mengirimkan bola ke kotak penalti dan diselesaikan dengan baik oleh Villa.

Setelahnya Barca seperti biasa mendominasi jalannya laga. Namun ketangguhan lini belakang Bilbao membuat beberapa kali peluang Villa, Lionel Messi dan Pedro Rodriguez di lini depan menjadi mentah.

Pada menit ke-26 umpa terobosan Serqio Busquets berhasil digapai Villa yang kemudian meneruskan dengan tembakan lob yang nyaris menjebol gawang Gorka Iraizoz, andaikan bola tak menerpa mistar gawang.

Di meni ke-37 Pinto yang mengisi posisi Victor Valdes membuat penyelamatan gemilang. Tandukan keras Fernando Llorente memanfaatkan bola crossing Igor Gabilondo mengarah ke gawang dan memaksa Pinto menepis bola itu dengan susah payah.

Babak kedua berjalan lima menit Bilbao mendapat hadiah penalti menyusul pelanggaran Sergio Busquets kepada Llorente. Iraola yang maju sebagai eksekutor sukses mengecoh Pinto dan skor pun jadi sama kuat 1-1.

Di menit ke-70 Iraizoz menggagalkan upaya Barca mencetak gol setelah tembakan Villa dari jarak dekat mampu ditepisnya dan bola  rebound gagal dimaksimalkan jadi gol oleh El Guaje.

Messi! Barca akhirnya mampu unggul kembali di menit ke-77. Kembali lagi Alves jadi arsitek gol Barca lewat pergerakan di sayap kanan setelah menerima umpan lambung. Si kulit bundar dikirimkan ke depan gawang dan Messi dengan sigap menyontek bola ke jala Iraizoz.

Skor 2-1 pun bertahan hingga usainya laga.
Susunan pemain

Barca: Pinto; Alves, Piqué, Busquets, Abidal; Mascherano (Maxwell 64'), Xavi, Iniesta; Pedro, Villa (Keita 84'), Messi

Bilbao: Iraizoz; Iraola, Ekiza, Amorebieta, Koikili; Susaeta (Lopez 84'), Martinez, Gurpegui, Gabilando, Iturraspe (Toquero 45'); Llorente.

0 komentar:

Posting Komentar